Monday, March 25, 2013

Bau Badan Rasa Makassar

Dua orang ibu-ibu asal Makassar datang Ke Jakarta. Mereka berdua naik busway, cukup beruntung mendapatkan tempat duduk. Sebagian penumpang berdiri bergelantungan dan tepat di depan kedua ibu ini, berdiri seorang bapak-bapak dengan potongan gaya kumal dan lusuh, seperti tidak mandi beberapa hari. Kedua ibu ini risih oleh bau badan dan penampilannya. Maka kedua ibu inipun mengomentarinya sambil mengomel.

Ibu 1: "edededeh ....... a' rasana mamo anne bapak ka dallekang!!"
Ibu 2: "Iyo..., sakkulu'na mamo ... bara tena na je'ne lima ngallo"
Ibu 1: "Nampa gayana poeng, kamma mami pajama batu, na pajama batua lagi tena nasakkulu kamma, tapi anne, .......... adedede........ kamma mami tarasi bari...."
Ibu 2: "Tojengi bu ki kanayya, sakkuluna tojeng....."

Selang beberapa lama kemudian bapak tersebut turun di terminal busway berikutnya. Ketika hendak turun ia permisi kepada kedua ibu itu. "Tabe' bu dii'..... " Spontan ke dua Ibu itu Kaget dan serempak berkata : " Tau Mangkasara tongki Pak?" Bapak tersebut menjawab: "Iye, teai ..... Tau Sakkulu' ja nakke" sambil senyum kecut dan berlalu.

ballassi! tau Mangkasaraka....

*****

Versi Indonesia

Ibu 1: "duhh ....... sungguh bau bapak di depan kita!!"
Ibu 2: "Iya..., bau sekali ... mungkin tidak mandi lima hari"
Ibu 1: "Baru gayanya, seperti tukang batu, padahal tukang batu tidak sebau ini, tapi ini....... aduh, baunya seperti terasi basi!!"

Ibu 2: "Betul yang ibu bilang, sungguh bau....."
Selang beberapa lama kemudian bapak tersebut turun di terminal busway berikutnya. Ketika hendak turun ia permisi kepada kedua ibu itu. "Permisi bu yaa..... " Spontan ke dua Ibu itu Kaget dan serempak berkata : " Bapak orang Makassar Juga?" Bapak tersebut menjawab: "Bukan..... Saya hanya orang Bau" sambil senyum kecut dan berlalu.

No comments:

Post a Comment